Resep Dan Cara Membuat Butter Chicken India Yang Khas Dan Sedikit Pedas

Butter Chicken India Pedas – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep Butter Chicken selera masakan india yang terkenal cukup pedas dan nikmat. Karena makanan india yang satu ini memang mengandalkan rasa bumbu yang sedikit pedas dan aroma yang sangat nikmat berasal dari bumbu khas india serta saus yang menyertainya.

Cara mmebuat Butter Chicken India yang nikmat dan pedas
Ilustrasi masakan india Butter Chicken


Butter Chicken sangat nikmat disanap dengan nasi, dahl, atau juga bisa dengan roti naan india. Kelezatan Butter Chicken india yang lezat juga berasal dari curry yang kaya dengan rasa karena paduan antara yogurt danbutter, sedang almond juga berfungsi menjadi pengental saus serta menambah rasa kacang yang gurih dan nikmat.

Penasaran dengan cara membuat Butter Chicken india yang nikmat dan lezat?, silahkan baca dulu bebrapa bahan yang digutuhkan serta bumbu Butter Chicken beserta cara memasaknya.

Resep Butter Chicken India yang nikmat dengan citarasa sedikit Pedas



Bahan Untuk Membuat Butter Chicken India:

  1. lembutkan tanpa membuat cair 3 sendok makan butter
  2. daun ketumbar secukupnya, untuk garnish
  3. cengkeh sebanyak 6 biji
  4. merica hitam 10 butir
  5. kapulaga polong (bijinya saja) sebanyak 5 buah
  6. saus tomat 2 sendok makan saja
  7. kunyit bubuk sebanyak 1 sendok teh
  8. plain yogurt cukup 1 cup saja
  9. minyak sayur 3 sendok makan
  10. ayam tanpa tulang dan tanpa kulit sebanyak 1.5kg, masing-masing dipotong menjadi 2 bagian
  11. almonds 80 gram
  12. daun salam segar 2 lembar
  13. jeruk lemon, dijus
  14. garam 1 sendok makan, atau secukupnya.
  15. cabai bubuk 2 sendok teh
  16. ketumbar 2 sendok makan
  17. jinten 3 sendok makan
  18. cabai merah besar 2 buah, dibelah
  19. cinnamon 2 batang
  20. bawang bombay 2 buah, diiris
  21. bawang putih 10 siung, dicincang
  22. jahe 5cm, dicincang
  23. tomat puree (sup kental), 400 gram
  24. biji fenugreek 1 sendok makan
  25. kaldu ayam 1.5 liter

Cara Membuat Butter Chicken India:

  1. Pertama kali kita campurkan jus buah lemon beserta garam, dan bubuk cabai. Campur dalam wadah atau mangkuk yang besar.
  2. Kemudian masukkan ayam hingga tercampur dan terbungkus, kemudian tutup dan sisihkan.
  3. Sekarang saatnya kita tumis beberapa bumbu dan bahan seperti daun salam, cengkih, merica, kapulaga, cinnamon serta almons. Tumis dengan minyak serta api sedang diatas wajan. Gerakkan wajan hinga smua tercampur rata hingga almond terlihat kecoklatan dan bau harum keluar dari bahan yang ditumis.
  4. Selanjutnya matikan api lalu masukkan bumbu lain seperti jinten, ketumbar dan kunyit. Kemudian campur bahan tersebut dengan blender hinga halus dan menjadi bubuk.
  5. Langkah selanjutnya kita campurkan setengah dari bumbu yang telah menjadi bubuk  tadi dengan yogurt. Masukkan ayam dan campur dengan marinade kemudian sisihkan selama satu jam saja.
  6. Kita lanjutkan dengan menumis bawang merah, bawang putih, serta jahe. Gunakan wajan serta minyak goreng dengan api sedang, serta tambahkan bumbu bubuk yang masih tersisa dan masak hingga coklat keemasan.
  7. Kita lanjut dengan memasukkan ayam serta marinade ke dalam wajan atau panci lalu dimasak dalam ebbeara menit, sambil diaduk bebrapa kali.
  8. Lanjut dengan memasukkan sup tomat, saus tomat, fenugreek, cabai serta kaldu. Lalu masak dengan api sedang kurang dari setengah jama atau 40 s/d 50 menit hingga ayam empuk dengan tanda saus yang menjadi berkurang setengah.
  9. Pindah ke piring atau wadah penyajian dan tinggal menunggu bumbu tambahan selanjutnya.
  10. Buat bumbu tambahan dengan mencairkan butter diatas wajan kecil lalu masak hingga kecoklatan. Lalu tuang di atas ayam yang telah dipindah diatas piring penyajian.
  11. Tambahkan hiasan berupa daun ketumbar agar lebih cantik.
  12. Sampai disini cara membuat Butter Chicken sudah selesai dan sajikan Butter Chicken roti naan, atau nasi sesuai selera kita.

Tips penting dalam membuat Butter Chicken yang lezat:

Untuk mendapatkan rasa pedas yang nikmat maka gunakan bahan bumbu yang segar, dan jangan menggunakan bumbu yang tersimpan terlalu lama sehingga rasa pedas kurang maksimal. Bumbu segar sebaiknya dibeli ketika akan menbuat Butter Chicken dan belu secukupnya saja. Sementara untuk daging ayam bagian paha memang emmiliki kelebihan akan tetap empuk meski telah dimasak dalam waktu yang lama.

Kumpulan Gamar Masakan India -  Butter Chicken/Murgh Makhani:







Demikian tadi resep Butter Chicken ala india yang terkenal serta memiliki cita rasa khas sedikit pedas. Mungkin para pembaca yang budiman juga tertari dengan resep yang satu ini:

>>>>> Cara Membuat Seblak Basah Pedas Paling Enak serta Praktis dan Murah <<<<<

Artikel Terkait

Resep Dan Cara Membuat Butter Chicken India Yang Khas Dan Sedikit Pedas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email