Rahasia Cara Membuat Donat Goreng Yang Empuk Dan Enak

Cara Membuat Donat Goreng Spesial – Donat memang telah menjadi salah satu makanan populer semenjak diperkenalkannya makana donat ini oleh sebuah perusahana yang mengembangkan usaha franchise donatnya di negeri ini beberapa tahun lalu.

donat tepung terigu digoreng
cara membuat donat goren empuk


Dan kali ini kta akan berlajar cara membuat donat namun menggunakan teknik yang tidak biasa. Donat goreng merupakan salah satu jenis varian donat yang akhir-akhir ini ngetren karena kemudahan dalam pembuatan serta mendapatkan bahan-bahan untuk membuat donat goreng.

Sehingga bagi anda yang saat ini tengah membaca ulasan tentang cara membuat donat goreng ini, maka dalah sekejap dapat mempraktekkan sendiri cara membuat donat goreng dengan hanya menggunakan bebrapa bahan serta alat sederhana.

Untuk membuat donat goreng maka kita akan melakukan serangkaian proses mulai menumpulkan ahan bahan, membuat adonan, membentuk atau mencetak donat goreng, hinga mengoreng dan membuat toping donat goreng.

Bagai mana cara membuat Donat Goreng yang empuk dan enak maka silahkan lihat apa saja yang harus silakukan serta apa saja bahan yang diperlukan seperti dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Resep Donat Goreng Spesial Enak Dan Empuk


Bahan-bahan donat goreng

  • Gula pasir 4 sendok makan 
  • Susu bubuk 3 sendok makan
  • Mentega 3 sendok makan 
  • Telur ayam 2 butir
  • 200 cc air rebusan/matang
  • Tepung terigu 0,5 kg
  • Garam 2 sendok teh
  • Ragi instan setengah bungkus atau sekitar 11 gram (bahan pengembang donat)


Cara mebuat adonan donat Goreng Yang Empuk

  1. Untuk membuat adonan donat goreng kiuta cukup menggunakan tangan alias tidak perlu memaia blander atau mixer, serta menggunakan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan.
  2. Pertama kali kita akan memasukkan telur ayam sebanyak 2 buir kedalam tempat yang dipergunakan kemudian kocok telurnya dengan menggunakan sendok makan saja. Seterusnya tambahkan tepung terigu, susu, dan terakhir mentega. Aduk hingga rata.
  3. Masih terus diaduk masukkan gula pasir kemudian masukkan lagi garam. Aduk erus hingga adonan bercampur rata.
  4. Siapkan wadah yang lainnya untuk menyiapkan bahan pengmbang donat goreng yaitu ragi sebanyak 11 gram yang telah dipersiapkan diatas. Caranya masukkan air kedalam wadah kedua dan tambahkan bahan pengmbangnya sambil diaduk hingga cair.
  5. Tuangkan cairan pengembang tadi kedalam adonan donat yang dibuat sebelumya.
  6. Lanjutkan menguleni adonan donat hingga menjadi kalis dan benar-benar bercampur rata semua bahan yang ada. Jangan sampai masih ada bahan yang menggumpal karena hal tersebut akan menyebabkan donat tidak empuk maksimal.
  7. Setelah selesai diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit agar adonan mengembang. Waktu 20 menit adalah proses pengembangan ragi pada adonan donat tadi.
  8. Biasanya adonan yang diberi bahan pengembang akan mengembang hingga 5 kali, sehingga perlunya disini wadah yang cukup untuk mengembangkan adonan donat sebelum digoreng.
  9. Setelah adonan mengembang barulah kita bentuk adonan tersebut.


Cara Mudah Membentuk Donat Goreng

  1. Kita dapat membentuk adonan donat dengan alat pencetak atau hanya menggunakan tangan kosong. Menggunakan lat pastinya bentuk yang dihasilkan akan lebih ccantik dan presisi ketimbang menggunakan tangan saja. Namun hal ini juga sangat tergantung dari kreatifitas pembuatnya.
  2. Jika membentuk donat dengan tangan saja maka pertam kali kita lumuri jari kuta dengan terigu, hal ini bertujuan agar tidak lengket ketika mengentuh adonan sehingga mudah membuat bentuk donat sesuai kehendak. Silahkan berkreasi membentuk adonan donat goreng seperti bulatan roda atau bentuk cincin melingkar.
  3. Jika kita mau membeli alat pencetak donat yang telah banyak dijual dipasar serta alat emmasak. Maka kita dengan mudah membentuk adonan menjadi bulatan cin-cin.
  4. Cara lain untuk mencetak adonan donat dpat menggunakan gelas dan tutup botol. Dimana gelas untuk mendapatkan lingkaran luar,s edang tutup botol untuk mendapatkan lubang atau lingkaran dalamnya. Sehingga dengan trik ini kita akan menghemat pengeluaran untuk membeli alat pencetak donat dari pasar.
  5. Cara mecetak dengan alat terlebih dahulu letakkan adonan secukupnya diatas permukaan yang datar, letakkan alat pencetak diatasnya serta tekan kebawah untuk mendapatkan bentuk lingkaran donat donat. Agar adona tidak lengket dengan cetakan maka lumuri cetakan dengan tepung terigu terlbih dahulu.
  6. Dengan gelas serta tutup botol caranya hampir sama, namun memang membutuhkan kreatifitas lebih tinggi  he.he.... Untuk mempermudahanya silahkan letakkan adonan diatas tempat datar kemudin buat buat tekan adonan dengan dengan tangan agar sedikit datar, dan barulah pencetakan dengan gela serta tutup botol dilakukan. Mulai dari bagian lingkaran dulu baru lingkaran tengah dengan tutup botol.


Teknik Menggoreng Donat

  1. Untuk menggoreng donat kita mnggunakan wajan serta minyak secukupnya.
  2. Goreng dengan api sedang atau kecil saja agar donat tidak mudah gosong.
  3. Masukkan beberapa adonan yang telah siap dan goreng permukaan pertama cukup hingg berwarna kuning agak kecoklatan.
  4. Kemudian balik permukaan lainya dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
  5. Upayakan dua permukaan donat memiliki warna berbeda, yang mana warna kuning kecoklatan untuk menruh toping donat sementara permukaan satunya yang berwarna kecoklatan untuk sisi bawah donat yang tidak diberi tiping.


Cara Membuat Toping Donat Goreng Yang Enak

Tiping donat dapat  kita beri dengan memakia gula halus atau paduan gula halus dengan mesis coklat.
Atau dapat hanya dengan mengolesi permukaan donat dengan gula halus, natau dapat juga melumuri seluruh permukaan donat goreng dengan gula halus.

Dan sampai disini proses cara membuat donat goreng yang sipel dan sedrhana ini telah selesai dan donat siap dihidangkan atau bagi yang ingin menjadikan ini sebagai usaha jualan donat juga bisa dilakukan dengan menghitung berapa harga jualnya terlebih dahulu.

Contoh gambar kreasi donat untuk inspirasi penyajian:






Ok, kalau begitu selamat berkreasi membuat makanan kue donat goreng spesial seperti yang telah dijelaskan diatas, dan semoga berhasil.

Terima kasih atas kujungannya dan jangan lupa untuk membaca resep lezat lainnya seperti dibawah ini:


Artikel Terkait

Rahasia Cara Membuat Donat Goreng Yang Empuk Dan Enak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email