Resep Manisan Kedondong Mekar Yang Seger Dan Tanpa Digodok

Berikut ceritanya tentang Manisan Kedondong Mekar atau mekrok dalam bahsa jawa, Manisan Buah kedondong pada umumnya dibuat dengan cara merebnusnya terlebih dahulu hingga hilang rasa asemnya. Sehingga ketika dibuat menjadi manisan tinggal rasa manisnya aja. Namun manisan kedondong mekar yang akan kita buat kali ini berbeda dengan yang biasanya, Rasa yang dihasilkan juga lebih segar dan alami karena kedondong yang masih segar tidak direbus terlebih dahulu untuk dijadikan manisan yang segar.

Cara membuat manisan buah kedondong paling enak


Pada saat Hari panas dan terik, menikmati manisan semacam manisa kedondong ini memang sangat menyegarkan mulit dan juga tenggorokan yang dahaga. Didampingi dengan minuman seger pakai es tambah nikmatnya serasa di dimana gitu?... Mari temen-temen yang penasaran ingin mencoba membuatnya maka silahkan simak Cara membuat Manisan kedondong mekar paling seger yang satu ini.

Bahan Manisan Kedondong Mekar Manis Dan Segar

  • Buah kedondong yang masih seger 15 buah
  • Gula pasir sebanyak 500 gram
  • Air sesuai kebutuhan atau kira-kira 3 gelas saja
  • Citrid acid kira-kira 1/4 sendok teh saja.
  • Jika suka juga dapat menambahkan pewarna makanan yang aman warna kuning misalnya, secukupnya.


Dan Inilah Cara Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Paling Nikmat


  1. Buah kedondong yang telah disiapkan kupas terlebih dahulu dan dicuci hinggabersih dengan air matang jika perlu. Kemudian kerat ata beri belahan ditengahnya hinga membentuk bunga yang mekar
  2. Selanjutnya rendamlah kedondong dengan menggunakan air tawar hingga 7 jam, maka kendondong akan merekah.
  3. Buat bahan manisan dengan Air gula sebanyak 3 gelas yang telah direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Dan tambahkan citrid acid serta pewarna makanan yang disukai secukupnya.
  4. Angkat dan cuci buah kedondong yang telah direndam 7 jam tadi, bersihkan dengan air yang mengalir hingga getahnya hilang. Ini juga akan menghilangkan rasa asam pada buah kedondong.
  5. Jika Buah kedondong telah siap dan ditiriskan maka selanjutnya segra masukkan buah kedondong dalam wadah yang cukup menampungnya, kemudian tuangkan air manisan yang telah dibuat tadi.
  6. Simpan manisan selama kira-kira 7 hingga 12 jam didalam kulkas supaya lebih segar saat dinikmati.
  7. Selamat mencoba resep manisan kedondong mekar yang gampang sekali dibuat ini dan semoga berhasil.


Terima kasih atas kunjungannya, semoga resep manisan buah kedondong mekar yang segar ini bermanfaat untuk anda semuanya.
Ulasan sebelumnya tentang:

Artikel Terkait

Resep Manisan Kedondong Mekar Yang Seger Dan Tanpa Digodok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email